Web dan perilaku pengguna /IMK
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
adalah disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan
implementasi sistem komputer, interaktif untuk digunakan oleh manusia
Perilaku navigasi
Pada suatu situs (jual beli
khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi
para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat
suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya.
Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan
overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten
baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi versi
advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs,
namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen,
range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur
search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak
isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa
dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa
melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan
topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga
100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by S.P.D”. Calon
pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.
Permasalah dalam kaitan dengan:
- Para pemakai interface website
tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
- Struktur lokasi tidak dapat
ditemukan.
Pemakai interface situs seharusnya
diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari
informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
- Tabel Index (Peta Lokasi)
- Index
- Navigasi
Perilaku pencarian
Zaman sekarang emang sudah serba
online, karena kepraktisan. Tinggal menunggu barang yang dipesan langsung sampe
ke rumah barangnya (tentunya tetap dibayar donk). Selain itu belanja online
biasanya lebih murah daripada harga retail. Karena mengingat harga BBM juga
sudah tidak murah, belum lagi kalau mencari barang yang langka di pasaran,
online shopping jadi pilihan. Walaupun di banyak daerah masih terseok- seok
karena pemerintah belum concern.
Toko bagus
memiliki tampilan yang menarik dan
sederhana. Diawali dengan kategori dan sederhana. Sangat mempermudah orang yang
mau berbelanja melalui kata kunci maupun kategori.
Berniaga
memiliki tampilan yang terkesan sederhana dan kuno.
Tidak banyak efek gambar yang ditawarkan disini dengan warna coklat muda
terkesan kurang menarik. Pemberian warna netral seperti putih, biru, mungkin
akan membuat web site ini lebih menarik
Web dan Perilaku sosial
Web merefleksikan perilaku sosial
web pun dapat merefleksikan perilaki
sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address
yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik
perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seseorang,
contohnya seseorang yang sering mengakses situs belanja online akan mempunyai
gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada
counter ataupun discount - discount yang ada.
Web mempengaruhi perilaku sosial
web sebagai salah satu bentuk
teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu
pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang
dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif, dampak positifnya adalah :
1. lebih cepat dan mudah dalam
meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
2. dapat berkomunikasi dengan baik
tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi
dengan mudah
3. mudah mencari informasi serta
berbelanja online pun dapat dilakukan
dampak negatif :
1. munculnya banyak penipu yang
memanfaatkan internet
2. adanya plagiatisme
3. munculnya pencurian/hack
4. munculnya banyak konyen-konten
dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
5. bahaya kesehatan akibat radiasi
yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri
Ekonomi Web
Iklan
Iklan atau dalam bahasa Indonesia
formalnya pariwara adalah promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor
pos, tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran
melihat klanik sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan.
Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan,
dan promosi penjualan.
Keuntungan Iklan di internet
Jangkauan Luas
Ketika kita harus bisa menjangkau
berbagai kalangan pelanggan, tidak ada media lain yang bisa mengalahkan
internet. Dengan iklan di internet, produsen kecil di salah satu bagian dunia
lain dapat menemukan pelanggan lain. Iklan Internet telah menembus semua
batasan geografis yang ada dengan media lainnya. Perusahaan global, bisnis
lokal kecil, siapa saja dan semua dapat meningkatkan penjualan produk mereka
dan keuntungan dengan iklan online. Ini jelas salah satu keuntungan eksklusif
beriklan di web.
Tepat Sasaran
Di internet, Anda akan menemukan
situs yang diperuntukkan untuk kelompok tertentu dari orang-orang yang memiliki
beberapa kepentingan tertentu atau yang menjadi milik kelompok usia tertentu.
Ada website olahraga , website medis, website teknologi, situs jejaring sosial
yang sebagian besar sering dikunjungi oleh anak-anak, website keagamaan , situs
perjalanan, dll Dengan demikian, internet marketing dan periklanan memberikan
keuntungan untuk menjangkau orang-orang yang akan secara khusus tertarik untuk
membeli produk mereka. Misalnya, ponsel baru di pasaran dapat menemukan
pelanggan potensial jika diiklankan pada situs teknologi atau situs jejaring
sosial.
Cepat terkonversi
Salah satu keuntungan terpenting
adalah bahwa waktu terkonversinya dari mulai beriklan hingga menjadi terjual
sangatlah pendek. Sebagian besar iklan di internet memiliki link yang
memungkinkan pelanggan untuk membeli produk tersebut saat itu juga. Ini akan
meningkatkan keuntungan penjualan dan keuntungan dari setiap bisnis yang ada.
Sangat Informatif
Dari sudut pandang konsumen, salah
satu keuntungan adalah bahwa mereka dapat mengetahui secara detail tentang
produk, fitur-fiturnya, daya tahan, metode penggunaan, dll Dengan beberapa
iklan, ada ulasan konsumen yang tersedia
yang membantu menginformasikan untuk
pelanggan dalam kaitannya mengambil Keputusan membeli suatu produk.
Biaya yang cukup efektif
Keuntungan lain adalah bahwa hal itu
sangatlah efektif dalam biaya. Dengan media iklan lain , baik itu televisi atau
cetak, Anda tidak bisa mengetahui dengan pasti apakah pelanggan yang menonton
atau membaca iklan sebenarnya akan membeli produk anda. Tetapi melalui membayar
iklan per klik , keuntungan nya adalah pengiklan sebenarnya membayar hanya ketika
pelanggan potensial mengunjungi website atau melihat melalui produk yang sedang
dijual. Jadi, membandingkan dari sudut pandang keuntungan ini, biaya iklan
internet jauh lebih sedikit.
Mudah Digunakan
Semua jenis usaha, bahkan jenis
usaha yang baru dimulai, akan merasakan keuntungan iklan di internet jauh lebih
mudah. Dengan media iklan lain seperti televisi dan cetak, perusahaan perlu
menyewa jasa sebuah biro iklan untuk membuat iklan yang tepat bagi mereka dan
juga untuk membeli ruang iklan di koran atau televisi. Dengan iklan web,
keuntungan nya adalah bahwa semua hal yang memusingkan itu tidak ada. Bahkan
bisnis yang baru berumur seharipun dapat keuntungan dengan mengiklankan
produknya dengan layanan online, dengan memulai membuat situs web sendiri.
Meskipun begitu , teknik beriklan
ini bukannya tanpa kekurangan
Di internet, ada potensi yang sangat
tinggi dari pelanggan bisa tertipu membeli produk yang bahkan jauh tidak mirip
sama sekali dengan detail produk yang telah diberikan dalam iklan, tidak sesuai
dengan yang diharapkan oleh pembeli. Selain itu, ada kemungkinan sangat tinggi
bahwa pelanggan potensial mungkin kehilangan iklan saat berselancar di
internet. Namun demikian, terlepas dari kelemahan ini, di era internet,
keuntungan iklan online adalah salah satu media berkembang yang harus
diperhitungkan
Penjualan Online
Penjualan online adalah bentuk
paling awal dari e-commerce dan terbukti bisa menjadi batu loncatan menuju
e-commerce yang lebih kompleks. Belanja online melalui web adalah sebagian
kecil dari aktivitas e-commerce yang sering diistilahkan dengan perdagangan
elektronik, yang merupakan salah satu bentuk aktivitas menggunakan media
internet sebagai sarana menjalankan bisnis secara online. Dalam hal ini bukan sekedar
bertransaksi secara online, tetapi bagaimana perusahaan menggunakan kekuatan
informasi digital untuk memahami kebutuhan dan preferensi setiap pelanggan dan
mitra bisnisnya, untuk menyesuaikan produk dan service sesuai keinginan mereka
dan menyampaikannya secara cepat melalui saluran komunikasi internet.
Toko Online
Istilah Toko Online pasti sudah
tidak asing lagi bagi kita. Hampir di setiap forum, kita selalu menjumpai
istilah yang populer juga disebut sebagai ecommerce, web store, ataupun virtual
store ini. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan toko online itu ? Dari segi
bahasa, toko online berasal dari dua suku kata, Toko dan Online. Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia, toko berarti sebuah tempat atau bangunan permanen untuk
menjual barang-barang (makanan, minuman, dan sebagainya). Sedangkan online yang
terjemahan bahasa indonesianya adalah dalam jaringan atau disingkat daring,
menurut Wikipedia adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu
jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Jadi berangkat dari dua pengertian
secara bahasa tersebut kita dapat mengartikan toko online sebagai tempat
terjadinya aktifitas perdagangan atau jual beli barang yang terhubung ke dalam
suatu jaringan dalam hal ini jaringan internet. Ketika kita melakukan transaksi
di sebuah toko, kita bebas memilih barang yang akan kita beli. Terkadang kita
perlu memasukkan barang yang kita beli ke dalam keranjang belanja lalu kita
menyerahkan keranjang belanja tersebut kepada kasir untuk dihitung total
belanja kita. Sama seperti transaksi di toko biasa, di toko online proses
transaksi yang kita lakukan tidak jauh berbeda. Bila di toko biasa kita
dilayani oleh manusia, di toko online kita dilayani oleh mesin.
Manfaat Toko Online
Pertama:
Secara segmentasi pasar sangat luas
sekali karena internet ruangnya sangat luas bisa di dalam negeri maupun di luar
negeri sehingga segmen pasarnya seluruh dunia berbeda dengan toko yang
konvensional target pasarnya hanya daerah yang bisa di jangkau saja misalkan
hanya di daerah sekitar kita maupun di daerah luar kota yang dekat saja itupun
bergantung dari promosi kita.
Kedua:
Lebih hemat modal : dengan membuka
toko online maka modal yang kita punyai akan hemat misalkan saja untuk menyewa
tempat, karyawan, administrasi dll. Bisa kita minimalisasi dan sangat hemat.
Bandingkan saja jika kita punya toko konvensional maka kita harus nyari tempat
yang strategis dan biaya yang dikeluarkan juga akan membengkak, karyawan yang
kita gaji juga akan sangat banyak kemudian ruang administrasi yang kita
butuhkan juga banyak berbeda sekali dengan toko online yang membutuhkan biaya
yang kecil. Misalkan untuk menyewa tempat kita hanya menyewa hosting dan domain
saja yang murah. Kemudian kita membuat website yang sesuai dengan barang
dagangan yang kita jual. Kemudian karyawan juga relatif minim. Kita hanya butuh
orang yang mengoperasikan website kita. Terus yang terakhir jasa pengiriman
banyak sekali. Kalau pakai pos juga bisa maupun pakai jasa swasta seperti TIKI,
JNE dan 21 Express juga bisa. Relatif simple kan.
Ketiga:
Informasi yang diberikan kepada
calon customer maupun customer juga relatif lebih global dan banyak yang bisa
kita informasikan sehingga customer akan lebih puas dengan produk kita dan
tidak banyak bertanya-tanya tentang produk kita.
Keempat:
Iklan yang relatif murah karena
iklan baris yang ditawarkan via internet banyak yang gratis berbeda jika kita
mau mengiklankan lewat koran maka biayanya cukup mahal.
Anggota Kelompok :
Deo Rino Hendro (51411870)
Dimas Ardiyanto (52411102)
Fadhlan Ahdian Pratama (52411564)
Farhan Zahri (52411701)
Indra Satyabrata (58409010)
Shandy Dafutra Hsb (56411721)
2IA16
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar