Laman

Minggu, 16 Juni 2013

INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER (IMK)

Web dan perilaku pengguna /IMK


Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)


Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer, interaktif untuk digunakan oleh manusia

Perilaku navigasi


Pada suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by S.P.D”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.

Permasalah dalam kaitan dengan:
- Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
- Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.

Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
- Tabel Index (Peta Lokasi)
- Index
- Navigasi
- Fasilitas Pencarian (Search)

Perilaku pencarian


Zaman sekarang emang sudah serba online, karena kepraktisan. Tinggal menunggu barang yang dipesan langsung sampe ke rumah barangnya (tentunya tetap dibayar donk). Selain itu belanja online biasanya lebih murah daripada harga retail. Karena mengingat harga BBM juga sudah tidak murah, belum lagi kalau mencari barang yang langka di pasaran, online shopping jadi pilihan. Walaupun di banyak daerah masih terseok- seok karena pemerintah belum concern.

Toko bagus
memiliki tampilan yang menarik dan sederhana. Diawali dengan kategori dan sederhana. Sangat mempermudah orang yang mau berbelanja melalui kata kunci maupun kategori.



Berniaga
memiliki tampilan yang terkesan sederhana dan kuno. Tidak banyak efek gambar yang ditawarkan disini dengan warna coklat muda terkesan kurang menarik. Pemberian warna netral seperti putih, biru, mungkin akan membuat web site ini lebih menarik


Web dan Perilaku sosial


Web merefleksikan perilaku sosial  


web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seseorang, contohnya seseorang yang sering mengakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada counter ataupun discount - discount yang ada.

Web mempengaruhi perilaku sosial


web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif, dampak positifnya adalah :
1. lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
2. dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
3. mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan

dampak negatif :
1. munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2. adanya plagiatisme
3. munculnya pencurian/hack
4. munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
5. bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri

Ekonomi Web


Iklan


Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor pos, tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat klanik sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan.

Keuntungan Iklan di internet

Jangkauan Luas
Ketika kita harus bisa menjangkau berbagai kalangan pelanggan, tidak ada media lain yang bisa mengalahkan internet. Dengan iklan di internet, produsen kecil di salah satu bagian dunia lain dapat menemukan pelanggan lain. Iklan Internet telah menembus semua batasan geografis yang ada dengan media lainnya. Perusahaan global, bisnis lokal kecil, siapa saja dan semua dapat meningkatkan penjualan produk mereka dan keuntungan dengan iklan online. Ini jelas salah satu keuntungan eksklusif beriklan di web.

Tepat Sasaran
Di internet, Anda akan menemukan situs yang diperuntukkan untuk kelompok tertentu dari orang-orang yang memiliki beberapa kepentingan tertentu atau yang menjadi milik kelompok usia tertentu. Ada website olahraga , website medis, website teknologi, situs jejaring sosial yang sebagian besar sering dikunjungi oleh anak-anak, website keagamaan , situs perjalanan, dll Dengan demikian, internet marketing dan periklanan memberikan keuntungan untuk menjangkau orang-orang yang akan secara khusus tertarik untuk membeli produk mereka. Misalnya, ponsel baru di pasaran dapat menemukan pelanggan potensial jika diiklankan pada situs teknologi atau situs jejaring sosial.

Cepat terkonversi
Salah satu keuntungan terpenting adalah bahwa waktu terkonversinya dari mulai beriklan hingga menjadi terjual sangatlah pendek. Sebagian besar iklan di internet memiliki link yang memungkinkan pelanggan untuk membeli produk tersebut saat itu juga. Ini akan meningkatkan keuntungan penjualan dan keuntungan dari setiap bisnis yang ada.

Sangat Informatif
Dari sudut pandang konsumen, salah satu keuntungan adalah bahwa mereka dapat mengetahui secara detail tentang produk, fitur-fiturnya, daya tahan, metode penggunaan, dll Dengan beberapa iklan, ada ulasan konsumen  yang tersedia yang membantu menginformasikan untuk  pelanggan dalam kaitannya mengambil Keputusan membeli suatu produk.

Biaya yang cukup efektif
Keuntungan lain adalah bahwa hal itu sangatlah efektif dalam biaya. Dengan media iklan lain , baik itu televisi atau cetak, Anda tidak bisa mengetahui dengan pasti apakah pelanggan yang menonton atau membaca iklan sebenarnya akan membeli produk anda. Tetapi melalui membayar iklan per klik , keuntungan nya adalah pengiklan sebenarnya membayar hanya ketika pelanggan potensial mengunjungi website atau melihat melalui produk yang sedang dijual. Jadi, membandingkan dari sudut pandang keuntungan ini, biaya iklan internet jauh lebih sedikit.

Mudah Digunakan
Semua jenis usaha, bahkan jenis usaha yang baru dimulai, akan merasakan keuntungan iklan di internet jauh lebih mudah. Dengan media iklan lain seperti televisi dan cetak, perusahaan perlu menyewa jasa sebuah biro iklan untuk membuat iklan yang tepat bagi mereka dan juga untuk membeli ruang iklan di koran atau televisi. Dengan iklan web, keuntungan nya adalah bahwa semua hal yang memusingkan itu tidak ada. Bahkan bisnis yang baru berumur seharipun dapat keuntungan dengan mengiklankan produknya dengan layanan online, dengan memulai membuat situs web sendiri.

Meskipun begitu , teknik beriklan ini bukannya tanpa kekurangan
Di internet, ada potensi yang sangat tinggi dari pelanggan bisa tertipu membeli produk yang bahkan jauh tidak mirip sama sekali dengan detail produk yang telah diberikan dalam iklan, tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh pembeli. Selain itu, ada kemungkinan sangat tinggi bahwa pelanggan potensial mungkin kehilangan iklan saat berselancar di internet. Namun demikian, terlepas dari kelemahan ini, di era internet, keuntungan iklan online adalah salah satu media berkembang yang harus diperhitungkan

Penjualan Online


Penjualan online adalah bentuk paling awal dari e-commerce dan terbukti bisa menjadi batu loncatan menuju e-commerce yang lebih kompleks. Belanja online melalui web adalah sebagian kecil dari aktivitas e-commerce yang sering diistilahkan dengan perdagangan elektronik, yang merupakan salah satu bentuk aktivitas menggunakan media internet sebagai sarana menjalankan bisnis secara online. Dalam hal ini bukan sekedar bertransaksi secara online, tetapi bagaimana perusahaan menggunakan kekuatan informasi digital untuk memahami kebutuhan dan preferensi setiap pelanggan dan mitra bisnisnya, untuk menyesuaikan produk dan service sesuai keinginan mereka dan menyampaikannya secara cepat melalui saluran komunikasi internet.

Toko Online

Istilah Toko Online pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir di setiap forum, kita selalu menjumpai istilah yang populer juga disebut sebagai ecommerce, web store, ataupun virtual store ini. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan toko online itu ? Dari segi bahasa, toko online berasal dari dua suku kata, Toko dan Online. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, toko berarti sebuah tempat atau bangunan permanen untuk menjual barang-barang (makanan, minuman, dan sebagainya). Sedangkan online yang terjemahan bahasa indonesianya adalah dalam jaringan atau disingkat daring, menurut Wikipedia adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Jadi berangkat dari dua pengertian secara bahasa tersebut kita dapat mengartikan toko online sebagai tempat terjadinya aktifitas perdagangan atau jual beli barang yang terhubung ke dalam suatu jaringan dalam hal ini jaringan internet. Ketika kita melakukan transaksi di sebuah toko, kita bebas memilih barang yang akan kita beli. Terkadang kita perlu memasukkan barang yang kita beli ke dalam keranjang belanja lalu kita menyerahkan keranjang belanja tersebut kepada kasir untuk dihitung total belanja kita. Sama seperti transaksi di toko biasa, di toko online proses transaksi yang kita lakukan tidak jauh berbeda. Bila di toko biasa kita dilayani oleh manusia, di toko online kita dilayani oleh mesin. 

Manfaat Toko Online

Pertama:
Secara segmentasi pasar sangat luas sekali karena internet ruangnya sangat luas bisa di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga segmen pasarnya seluruh dunia berbeda dengan toko yang konvensional target pasarnya hanya daerah yang bisa di jangkau saja misalkan hanya di daerah sekitar kita maupun di daerah luar kota yang dekat saja itupun bergantung dari promosi kita.

Kedua:
Lebih hemat modal : dengan membuka toko online maka modal yang kita punyai akan hemat misalkan saja untuk menyewa tempat, karyawan, administrasi dll. Bisa kita minimalisasi dan sangat hemat. Bandingkan saja jika kita punya toko konvensional maka kita harus nyari tempat yang strategis dan biaya yang dikeluarkan juga akan membengkak, karyawan yang kita gaji juga akan sangat banyak kemudian ruang administrasi yang kita butuhkan juga banyak berbeda sekali dengan toko online yang membutuhkan biaya yang kecil. Misalkan untuk menyewa tempat kita hanya menyewa hosting dan domain saja yang murah. Kemudian kita membuat website yang sesuai dengan barang dagangan yang kita jual. Kemudian karyawan juga relatif minim. Kita hanya butuh orang yang mengoperasikan website kita. Terus yang terakhir jasa pengiriman banyak sekali. Kalau pakai pos juga bisa maupun pakai jasa swasta seperti TIKI, JNE dan 21 Express juga bisa. Relatif simple kan.

Ketiga:
Informasi yang diberikan kepada calon customer maupun customer juga relatif lebih global dan banyak yang bisa kita informasikan sehingga customer akan lebih puas dengan produk kita dan tidak banyak bertanya-tanya tentang produk kita.

Keempat:
Iklan yang relatif murah karena iklan baris yang ditawarkan via internet banyak yang gratis berbeda jika kita mau mengiklankan lewat koran maka biayanya cukup mahal.


Anggota Kelompok :

Deo Rino Hendro (51411870)
Dimas Ardiyanto (52411102)
Fadhlan Ahdian Pratama (52411564)
Farhan Zahri (52411701)
Indra Satyabrata (58409010)
Shandy Dafutra Hsb (56411721)

2IA16




sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar