PENGERTIAN NEW MEDIA
Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari
sumber informasi kepada penerima informasi. Manfaat media adalah: memudahkan
sesorang untuk memperoleh sesuatu yang di cari,yang biasanya kita cari langsung
dari tempatnya,,kini sudah tidak begitu lagi, kita bisa memesan barang melalui
fasilitas internet ataupun menghubungi customer service. dan juga bagi
mahasiswa dan pelajar adalah penyampaian materi pembelajaran dapat
diseragamkan, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, proses
pembelajaran menjadi lebih interaktif, efisiensi dalam waktu dan tenaga,
meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, memungkinkan proses belajar dapat
dilakukan di mana saja dan kapan saja, menumbuhkan sikap positif siswa terhadap
materi dan proses belajar serta mengubah peran guru ke arah yang lebih positif
dan produktif.
Baru, baru adalah seuatu tang dapat menciptakan seuatu inovasi,
ataupun perubahan yang dapat melahirkan sesuatu yang sangat diinginkan orang.
New Media, mendefinisikan Media Baru sebagai produk teknologi
komunikasi dimedia masa mendatang bersama-sama dengan komputer digital. Sebelum
1980-an media diandalkan terutama pada media cetak dan analog seperti koran,
bioskop televisi, dan radio. Sekarang kita punya radio televisi, digital dan
bioskop, sementara bahkan mesin cetak telah diubah oleh teknologi digital yang
baru seperti perangkat lunak manipulasi gambar seperti Adobe Photoshop dan
alat-alat desktop publishing. Beberapa teknologi kita bisa
Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup
kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi
di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media
baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi,
bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh
dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan
DVD.
MANFAAT NEW MEDIA
1. Bidang Sosial
New Media juga baru-baru menjadi menarik bagi komunitas spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database dan karenanya dapat cepat diambil dan sebaliknya direkayasa oleh pemerintah nasional. Terutama yang menarik bagi komunitas spionase adalah Facebook dan Twitter, dua situs di mana orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring melalui dan diarsipkan untuk penciptaan otomatis berkas pada kedua orang bunga dan rata-rata warga negara
New Media juga baru-baru menjadi menarik bagi komunitas spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database dan karenanya dapat cepat diambil dan sebaliknya direkayasa oleh pemerintah nasional. Terutama yang menarik bagi komunitas spionase adalah Facebook dan Twitter, dua situs di mana orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring melalui dan diarsipkan untuk penciptaan otomatis berkas pada kedua orang bunga dan rata-rata warga negara
2. Bidang
Industri/Dagang
hubungan terbuka dengan segmen pasar banyak di daerah seperti perangkat lunak / desain video game, televisi, radio, dan terutama film, iklan dan pemasaran, di mana industri berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari dua arah dialog dengan konsumen terutama melalui Internet. Industri periklanan telah dikapitalisasi pada proliferasi New Media dengan agen-agen besar menjalankan multi-juta dolar iklan interaktif anak. Website interaktif dan kios telah menjadi populer. Dalam sejumlah kasus biro iklan juga telah membentuk divisi baru untuk mempelajari New Media. PR perusahaan juga mengambil keuntungan dari kesempatan di New Media melalui praktik PR interaktif. Interaktif PR praktik termasuk penggunaan media sosial [33] untuk menjangkau khalayak massa pengguna online jaringan sosial.
hubungan terbuka dengan segmen pasar banyak di daerah seperti perangkat lunak / desain video game, televisi, radio, dan terutama film, iklan dan pemasaran, di mana industri berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari dua arah dialog dengan konsumen terutama melalui Internet. Industri periklanan telah dikapitalisasi pada proliferasi New Media dengan agen-agen besar menjalankan multi-juta dolar iklan interaktif anak. Website interaktif dan kios telah menjadi populer. Dalam sejumlah kasus biro iklan juga telah membentuk divisi baru untuk mempelajari New Media. PR perusahaan juga mengambil keuntungan dari kesempatan di New Media melalui praktik PR interaktif. Interaktif PR praktik termasuk penggunaan media sosial [33] untuk menjangkau khalayak massa pengguna online jaringan sosial.
3. Bidang
Pendidikan
dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
Tetapi dampak New
Media tidak hanya pada manfaat positivenya saja, Selalu ada dampak negative
pada suatu perkembangan teknologi termasuk media . Misalnya , pada dunia
internet terjadi banyak kebobolan pada situs Bank – Bank terkemuka akibat orang
– orang yang tidak bertanggung jawab , Banyaknya situs – situs pornografi ,
pencurian akun , dan sebagainya . Oleh karena itu kita sebagai pengguna harus
bisa menseleksi perkembangan – perkembangan new media sehingga tidak terjerumus
ke dampak negative tersebut .
RESIKO PENGAPLIKASIAN NEW MEDIA
Misalkan kita
ambil contoh situs jejaring sosial Facebook untuk bahan perbandingan kekurangan
dan kelebihan New media :
Kelebihannya:
•Walau dengan
desain situs yang sederhana dan terkesan minimalis, Facebook menggunakan bahasa
pemrograman Ajax yang bisa membuat kita menjelajahi Facebook lebih nyaman.
•Facebook
memiliki jumlah pengguna yang besar dan beragam dengan segmen terbesar dari
orang muda sehingga tepat untuk Anda yang mencari teman dan ingin berbagi
dengan teman-teman Anda. Bayangkan saja, ada 400 juta orang di sana!
•Facebook
memiliki aplikasi yang unik dan beragam, mulai dari permainan, simulasi saham,
hewan peliharaan virtual, dan masih banyak lagi yang membuat Anda tambah betah
berada di sana.
•Anda bisa
mengetahui apakah ada teman Anda yang sedang online di Facebook pada saat Anda
juga berada di sana.
•Anda bisa
langsung chat di Facebook bersama teman Anda yang sedang online juga.
Kekurangannya:
•Facebook sangat
terkenal sehingga banyak orang yang melakukan plagiat (nama samaran)
biasanya mirip selebritis, jadi tidak tahu mana yang asli mana yang palsu.
•Facebook menjadi
ajang penjualan diri. Maksudnya banyak pekerja seks komersial yang menawarkan
dirinya melalui facebook.
•Lebih dari 60%
pelajar di Indonesia adalah pengguna facebook dan 75% per harinya mereka akan
membuka situs ini, sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.
•Facebook acap
kali menjadi tempat kasus, diantaranya melakukan pelecehan melaui status,
menghina lewat comment, dll.
•Akhir-akhir ini
telah ada gosip, kabarnya pembuat situs jejaring sosial ini akan membuat
facebook menjadi berbayar, dengan bayaran 10$ per bulan (bisa kaya pembuat
facebook).
KOMPONEN NEW MEDIA
Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya. Dengan SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan di situs jejaring Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena komputer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.
APLIKASI NEW MEDIA
Seiring dengan perkembangan zaman,aplikasi new media bertambah
banyak dan bertambah pesat. Diantaranya
adalah facebook dan youtube.
1. Facebook
Kata-kata ini sudah tidak asing ditelinga kita,dari anak-anak
hingga orang dewasa berlomba-lomba membuat akun ini dan memperluas jaringan
pertemanan. Disatu sisi,lewat jejaring ini kita bisa berbagi foto dan video
2. Youtube
Sebuah media yang sering kita gunakan,entah itu untuk mengupload
video atau pun menonton video tersebut.
PENJELASAN AR DAN VR
Saya akan menjelaskan ringkasan singkat mengenai Augmented Reality
(AR) dan Virtual Reality (VR), sebenernya apa sih Augmented Reality (AR) itu...?
AR adalah sebuah teknologi untuk menampilkan objek virtual dalam dunia nyata
dengan program komputer pada AR gambar visual lebih terlihat hidup karena
hampir mirip pengaplikasianya seperti hologram, Sebuah aplikasi yang
digolongkan sebagai aplikasi “augmented reality” apabila aplikasi tersebut
menampilkan lebih banyak objek nyata dibandingkan objek virtual. Di sisi lain,
sebuah aplikasi dimasukkan dalam klasifikasi “augmented virtuality” apabila
menampilkan lebih banyak objek virtual dibandingkan objek nyata. Contoh
aplikasi augmented virtuality adalah program tayangan berita di televisi, di
mana pembaca berita duduk di depan layar hijau (greenzone), kemudian secara
elektronis ditayangkan di layar televisi dengan latar belakang tertentu yang
berbeda dengan latar belakang asli, waaah dibohongin dong kita hehehe...
.Sedangkan yang dimaksud dengan virtual reality, atau realitas maya, adalah
teknologi yang bisa membuat kita berinteraksi dengan suatu lingkungan yang
disimulasikan oleh komputer, yaitu suatu lingkungan yang ditiru atau hanya
imaginasi dari lingkungan yang sebenarnya. Secara sederhana, VR adalah pemunculan
gambar-gambar tiga dimensi oleh komputer yang terlihat nyata dengan bantuan
beberapa peralatan khusus. Peralatan khusus itu dirancang untuk menjadikan kita
bisa merasakan dunia maya dan meyakini bahwa yang kita rasakan itu nyata
padahal tidak. Untuk memasuki VR, kita menggunakan alat-alat khusus seperti
sarung tangan khusus, earphone, dan kacamata khusus yang tersambung dengan
komputer beserta sistemnya. Sehingga kita merasa seperti sedang melakukan
kegiatan seperti yang dimunculkan pada aplikasi, contohnya : pada saat kita
bermain game balap kita merasa sperti turun langsung di arena balap tersebut,
padahal kenyataanya adalah kita tidak di arena balap, melainkan karakter
pembalap yang kita kendalikan melalui kontrol tertentu seperti joystick, sarung
tangan elektrik, kacamata dan lain sebagainya.
contoh AR :
Contoh VR :
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar